Jika Lupa Password Login Emis Online
March 7, 2021
Edit
Ada yang mengalami lupa password login EMIS Online? Saat mau login ke aplikasi online EMIS di situs http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm tidak dapat alasannya yaitu passwordnya lupa. Hanya disapa oleh notifikasi: Nama Pengguna atau Password Salah.
Padahal harus segera melaksanakan upload data emis hasil backup emis yang waktunya sangat mepet. Atau harus melaksanakan Verval Satuan Pendidikan melalui layanan Emis SDM dengan waktu yang juga sangat terbatas. Baik upload hasil backup emis maupun Verval satuan pendidikan memang diberlakukan sistem bergiliran dengan acara yang telah ditentukan oleh Tim Emis Pusat. Di luar acara tersebut, otomatis tidak dapat melaksanakan upload hasil backup emis maupun VervalSP. Baca: Jadwal Verval SP Emis Pendis.
Ternyata lupa password EMIS cukup jamak dan lumrah terjadi. Tidak sedikit rekan-rekan Operator EMIS Madrasah yang mengalaminya. Hal ini mungkin diakibatkan alasannya yaitu kegiatan login ke layanan EMIS yang memang tidak terlalu sering dilakukan. Paling login ke Emis SDM hanya untuk mendownload Formulir Pendataan EMIS dan Aplikasi Desktop Emis, kemudian mengupload hasil backup serta mengerjakan Verval Satuan Pendidikan saja.
Makara kemudian masuk akal kalau Operator EMIS Madrasah kemudian lupa akunnya. Baik lupa email yang dipakai maupun lupa password.
Apa yang Harus Dilakukan Jika Lupa Pasword?
Apa yang harus segera dilakukan oleh Operator Emis Madrasah ketika lupa password sehingga tidak dapat login ke situs http://emispendis.kemenag.go.id?
Tidak usah panik!
Pertama yang harus dilakukan oleh Operator EMIS Madrasah yaitu mengecek apakah email yang dipakai untuk login sudah benar atau belum. Sudah sesuai dengan email yang didaftarkan sebagai operator madrasah atau belum.
Jangan-jangan saking lamanya tidak membuka situs emispendis, emailnya pun ikut lupa.
Cara mengecek email sudah benar sebagaimana yang didaftarkan yaitu sebagai berikut.
Jika email yang dipakai benar (sebelumnya sudah terdaftar) maka akan tampil gosip berisi nama operator, email, nama madrasah daerah tugas, dan status pendaftaran. Namun kalau kosong, berarti email tersebut salah dan bukan email yang telah didaftarkan.
Atau malah jangan-jangan belum pernah mendaftar sebagai Operator Emis tingkat RA/Madrasah
Jika email benar tetapi tetap tidak dapat login, berarti passwordnya yang bermasalah (lupa).
Jika Operator Emis tingkat RA/Madrasah tidak dapat login sebagai perkara di atas, Operator Emis RA/Madrasah harus meminta reset password ke Operator EMIS tingkat kabupaten/kota.
Tentang mekanisme dan persyaratan untuk meminta reset password ke Operator EMIS tingkat kabupaten/kota, tergantung dari masing-masing Penma Kab/Kota. Ada yang mensyaratkan harus membawa dokumene tertentu, namun ada juga yang tidak. Bahkan ada juga yang melayani reset password lewat SMS.
Yang juga harus diperhatikan, selain menjaga semoga tidak lupa password ketika login Emis online yaitu menjaga kerahasiaan akun tersebut. Jangan hingga akun operator emis (Nama Pengguna dan Password) diketahui oleh orang-orang yang tidak berhak sehingga dapat disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Padahal harus segera melaksanakan upload data emis hasil backup emis yang waktunya sangat mepet. Atau harus melaksanakan Verval Satuan Pendidikan melalui layanan Emis SDM dengan waktu yang juga sangat terbatas. Baik upload hasil backup emis maupun Verval satuan pendidikan memang diberlakukan sistem bergiliran dengan acara yang telah ditentukan oleh Tim Emis Pusat. Di luar acara tersebut, otomatis tidak dapat melaksanakan upload hasil backup emis maupun VervalSP. Baca: Jadwal Verval SP Emis Pendis.
Ternyata lupa password EMIS cukup jamak dan lumrah terjadi. Tidak sedikit rekan-rekan Operator EMIS Madrasah yang mengalaminya. Hal ini mungkin diakibatkan alasannya yaitu kegiatan login ke layanan EMIS yang memang tidak terlalu sering dilakukan. Paling login ke Emis SDM hanya untuk mendownload Formulir Pendataan EMIS dan Aplikasi Desktop Emis, kemudian mengupload hasil backup serta mengerjakan Verval Satuan Pendidikan saja.
Makara kemudian masuk akal kalau Operator EMIS Madrasah kemudian lupa akunnya. Baik lupa email yang dipakai maupun lupa password.
Apa yang Harus Dilakukan Jika Lupa Pasword?
Apa yang harus segera dilakukan oleh Operator Emis Madrasah ketika lupa password sehingga tidak dapat login ke situs http://emispendis.kemenag.go.id?
Tidak usah panik!
Cek Email Sudah Benar atau Salah
Pertama yang harus dilakukan oleh Operator EMIS Madrasah yaitu mengecek apakah email yang dipakai untuk login sudah benar atau belum. Sudah sesuai dengan email yang didaftarkan sebagai operator madrasah atau belum.
Jangan-jangan saking lamanya tidak membuka situs emispendis, emailnya pun ikut lupa.
Cara mengecek email sudah benar sebagaimana yang didaftarkan yaitu sebagai berikut.
Jika email yang dipakai benar (sebelumnya sudah terdaftar) maka akan tampil gosip berisi nama operator, email, nama madrasah daerah tugas, dan status pendaftaran. Namun kalau kosong, berarti email tersebut salah dan bukan email yang telah didaftarkan.
Atau malah jangan-jangan belum pernah mendaftar sebagai Operator Emis tingkat RA/Madrasah
Jika email benar tetapi tetap tidak dapat login, berarti passwordnya yang bermasalah (lupa).
Minta Reset Password
Jika Operator Emis tingkat RA/Madrasah tidak dapat login sebagai perkara di atas, Operator Emis RA/Madrasah harus meminta reset password ke Operator EMIS tingkat kabupaten/kota.
Tentang mekanisme dan persyaratan untuk meminta reset password ke Operator EMIS tingkat kabupaten/kota, tergantung dari masing-masing Penma Kab/Kota. Ada yang mensyaratkan harus membawa dokumene tertentu, namun ada juga yang tidak. Bahkan ada juga yang melayani reset password lewat SMS.
Yang juga harus diperhatikan, selain menjaga semoga tidak lupa password ketika login Emis online yaitu menjaga kerahasiaan akun tersebut. Jangan hingga akun operator emis (Nama Pengguna dan Password) diketahui oleh orang-orang yang tidak berhak sehingga dapat disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Baca Juga: