Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah (Mutasi Siswa)

Memang tidak ada ketentuan baku perihal format referensi Surat Keterangan Pindah Sekolah (Mutasi Siswa) antar Madrasah. Baik Surat Permohonan Pindah dari orang renta siswa, Surat Keterangan Pindah Sekolah dari Madrasah asal maupun Surat Keterangan Telah Menerima Siswa Pindahan. Sehingga sanggup jadi banyak beredar format surat yang sanggup saja agak berbeda antar satu tempat dengan tempat lainnya.

Meskipun demikian, Surat Keterangan Pindah Sekolah, baik untuk madrasah maupun sekolah umum lainnya, mempunyai ciri-ciri yang hampir serupa.

Mutasi siswa atau perpindahan siswa antar madrasah ataupun antara madrasah dengan sekolah (dan sebaliknya) memang hal yang jamak terjadi. Hal yang melatarbelakanginya sanggup beraneka ragam. Salah satunya alasannya ialah pindahnya domisili orang renta yang tentyunya harus diikuti oleh Sang Anak. Pun banyak sekali faktor lainnya.

Memang tidak ada ketentuan baku perihal format referensi Surat Keterangan Pindah Sekolah  Contoh Surat Keterangan Pindah Sekolah (Mutasi Siswa)

1. Prosedur Pindah Sekolah


Sebelum membahas Surat Keterangan Pindah Sekolah, kita pahami dulu mekanisme mutasi siswa (pindah sekolah).

Prosedur pindah madrasah/sekolah inipun sanggup jadi antar satu tempat dengan tempat lainnya mempunyai perbedaan. Namun secara umum mekanisme yang berlaku ialah sebagai berikut:

  1. Orang renta / wali murid mengajukan Surat Permohonan Pindah Sekolah ke madrasah yang hendak ditinggalkan. Beberapa tempat mensyaratkan surat permohonan ini disertai dengan materai.
  2. Madrasah menerbitkan Surat Keterangan Pindah Sekolah menurut Surat Permohonan Pindah Sekolah tersebut. Dalam surat ini disertakan juga alasan kepindahan, nama dan alamat sekolah/madrasah tujuan.
  3. Jika mutasi terjadi antar kabupaten/kota, diperlukan Surat Rekomendasi Pindah Sekolah dari kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota asal. Beberapa tempat tidak mensyaratkan ini.
  4. Orang renta / wali murid mendapatkan Surat Keterangan Pindah Sekolah dan Surat Permohonan Rekomendasi Pindah Sekolah yang ditujukan kepada Kantor Kemenag Kab/Kota. Orang renta / wali murid membawanya ke Kantor Kemenag kab/Kota untuk mendapatkan Surat Rekomendasi Pindah Sekolah.
  5. Kantor Kementerian Agama Kab/Kota asal menerbitkan Surat Rekomendasi Pindah Sekolah.
  6. Orang renta / wali murid membawa Surat Keterangan Pindah Sekolah (dari madrasah asal) dan Surat Rekomendasi Pindah Sekolah (dari Kantor Kemenag Kab/Kota) ke madarsah atau sekolah tujuan.
Di sekolah atau madrasah tujuan, mekanisme untuk pindah masuk ialah sebagai berikut:
  1. Orang renta / wali murid menyerahkan Surat Keterangan Pindah Sekolah yang disertai dengan Surat Rekomendasi Pindah Sekolah (dari Kantor Kemenag Kab/Kota), foto copy Surat Permohonan Pindah Sekolah (dari orang renta / wali murid), dan raport siswa.
  2. Madrasah / sekolah tujuan menerbitkan Surat Keterangan Telah Menerima Siswa Pindahan.
  3. Orang renta / wali murid menyerahkan Surat Keterangan Telah Menerima Siswa Pindahan (dari madrasah tujuan) ke madrasah / sekolah asal.

Sekali lagi. mekanisme di atas sanggup jadi sedikit berbeda antar satu tempat dengan tempat lainnya.

2. Contoh Surat Keterangan Pindah Madrasah


Setelah memahami mekanisme mutasi siswa sebagaimana di atas, kini ialah referensi surat-surat terkait dengan pindah sekolah (mutasi siswa). Surat-surat yang diperlukan tersebut antara lain:
  1. Surat Permohonan Pindah Sekolah dari orang renta / wali murid
  2. Surat Keterangan Pindah Sekolah dari madrasah / sekolah asal
  3. Surat Permohonan Rekomendasi Pindah Sekolah dari madrasah asal
  4. Surat Keterangan Telah Menerima Siswa Pindahan dari madrasah / sekolah tujuan
Keempat referensi format surat tersebut sanggup diunduh dengan mengklik TAUTAN INI.

Demikianlah mekanisme mutasi siswa dan format referensi Surat Keterangan Pindah Sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel