Struktur Kurikulum Mi Simpatika 2017
July 28, 2021
Edit
Struktur kurikulum MI dan alokasi JTM MI Juknis TPG 2017 pada awal bulan April ini. Pasca pemutakhiran sistem tersebut terdapat perubahan mencolok pada struktur kurikulum MI berbasis KTSP yang dipakai sebagai contoh di Simpatika.
Perubahan struktur kurikulum yang dilakukan pasca pemutakhiran sistem Simpatika terjadi pada kelas bawah Madrasah Ibtidaiyah, yakni kelas 1, 2, dan 3 yang memberlakukan kurikulum KTSP.
Di kelas bawah, tidak lagi tersedia pilihan mata pelajaran Bahasa Indonesia, PKn, Matematika, IPA, maupun IPS. Sebagai gantinya, dimunculkan 'mapel' Tematik Umum. Sedang bagi yang memberlakukan K13, struktur kurikulumnya tidak mengalami perubahan.
Terkait dengan struktur kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah, sebelumnya telah menerbitkan artikel berjudul Struktur Kurikulum MI KTSP KMA 207 Tahun 2014. Namun seiring dengan pemutakhiran sistem Simpatika yang memunculkan 'mapel' Tematik Umum di kelas bawah, kembali mengangkat struktur kurikulum Simpatika terbaru tahun 2017.
Meski sebenarnya, perubahan alokasi JTM yang terjadi tidak terlalu signifikan. Lebih sekedar pada melebur mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mapel 'Tematik Umum'.
Jumlah alokasi JTM di Madrasah Ibtidaiyah pasca pemutakhiran sistem Simpatika tidak mengalami perubahan. Alokasi Jam Tatap Muka perminggu di setiap tingkat (kelas) MI yakni sebagai berikut:
Lihat juga gambar berikut:
Dalam struktur kurikulum simpatika tersebut mengakomodir kelebihan jam sampai maksimal 4 JTM. Artinya, setaip rombel boleh menambah JTM pada setiap mapelnya dengan catatan jumlah penambahannya dihentikan melebihi 4 JTM.
Sedang untuk membagi guru pengampu masing-masing mata pelajaran, silakan berpedoman pada tabel linieritas mapel sertifikasi sebagaimana pernah diulas di artikel Linieritas Mapel Sertifikasi di Madrasah Ibtidaiyah
Demikian struktur kurikulum MI di Simpatika 2017 bagi madrasah yang menjalankan KTSP. Semoga struktur kurikulum dan alokasi JTM tersebut sanggup membantu para guru, operator, dan kepala madrasah dalam mengatur jam mengajar di madrasah masing-masing.
Perubahan struktur kurikulum yang dilakukan pasca pemutakhiran sistem Simpatika terjadi pada kelas bawah Madrasah Ibtidaiyah, yakni kelas 1, 2, dan 3 yang memberlakukan kurikulum KTSP.
Di kelas bawah, tidak lagi tersedia pilihan mata pelajaran Bahasa Indonesia, PKn, Matematika, IPA, maupun IPS. Sebagai gantinya, dimunculkan 'mapel' Tematik Umum. Sedang bagi yang memberlakukan K13, struktur kurikulumnya tidak mengalami perubahan.
Terkait dengan struktur kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah, sebelumnya telah menerbitkan artikel berjudul Struktur Kurikulum MI KTSP KMA 207 Tahun 2014. Namun seiring dengan pemutakhiran sistem Simpatika yang memunculkan 'mapel' Tematik Umum di kelas bawah, kembali mengangkat struktur kurikulum Simpatika terbaru tahun 2017.
Meski sebenarnya, perubahan alokasi JTM yang terjadi tidak terlalu signifikan. Lebih sekedar pada melebur mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mapel 'Tematik Umum'.
1. Tabel Struktur Kurikulum dan Alokasi JTM MI
Jumlah alokasi JTM di Madrasah Ibtidaiyah pasca pemutakhiran sistem Simpatika tidak mengalami perubahan. Alokasi Jam Tatap Muka perminggu di setiap tingkat (kelas) MI yakni sebagai berikut:
- Kelas 1 : 30 + 4
- Kelas 2 : 30 + 4
- Kelas 3 : 32 + 4
- Kelas 4 : 39 + 4
- Kelas 5 : 39 + 4
- Kelas 6 : 39 + 4
Plus 4 di sini mempunyai pengertian madrasah berhak untuk melaksanakan penambahan sampai maksimal 4 JTM perminggu.
Sedang struktur kurikulum yang berlaku yakni sebagai mana tabel berikut ini:
MATA PELAJARAN | KELAS | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |
Al-Quran-Hadis (PAI) | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Akidah-Akhlak (PAI) | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Fikih (PAI) | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
SKI (PAI) | - | - | 2 | 2 | 2 | 2 |
PKn | - | - | - | 2 | 2 | 2 |
Bahasa Indonesia | - | - | - | 5 | 5 | 5 |
Matematika | - | - | - | 5 | 5 | 5 |
Bahasa Arab | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
IPA | - | - | - | 4 | 4 | 4 |
IPS | - | - | - | 3 | 3 | 3 |
Tematik Umum | 12 | 12 | 12 | - | - | - |
Seni Budaya dan Keterampilan | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
Muatan Lokal | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Kelebihan Jam | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
JUMLAH | 34 | 34 | 36 | 43 | 43 | 43 |
Lihat juga gambar berikut:
2. Kelebihan Jam
Dalam struktur kurikulum simpatika tersebut mengakomodir kelebihan jam sampai maksimal 4 JTM. Artinya, setaip rombel boleh menambah JTM pada setiap mapelnya dengan catatan jumlah penambahannya dihentikan melebihi 4 JTM.
Sedang untuk membagi guru pengampu masing-masing mata pelajaran, silakan berpedoman pada tabel linieritas mapel sertifikasi sebagaimana pernah diulas di artikel Linieritas Mapel Sertifikasi di Madrasah Ibtidaiyah
Demikian struktur kurikulum MI di Simpatika 2017 bagi madrasah yang menjalankan KTSP. Semoga struktur kurikulum dan alokasi JTM tersebut sanggup membantu para guru, operator, dan kepala madrasah dalam mengatur jam mengajar di madrasah masing-masing.