Soal Uts/ Pts Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
November 23, 2019
Edit
Berikut ini yaitu pola soal UTS/PTS (penilaian Tengah Semester) mata pelajaran Matematika untuk kelas 6 semester 1 terbaru kurikulum 2013 revisi 2018. Soal sudah dilengkapi dengan kunci jawaban. Semoga soal UTS/PTS Matematika kelas 6 semester 1 ini sanggup dijadikan rujukan untuk berguru khususnya adik-adik kelas 6 guna persiapan diri menghadapi Penilaian Tengah Semester (UTS/PTS) 1
1. Lambang bilangan -27 dibaca ....
a. dua tujuh
b. nyata dua puluh tujuh
c. negatif dua tujuh
d. negatif dua puluh tujuh
2. Lambang bilangan lingkaran negatif lima puluh delapan yaitu ....
a. +58
b. 58
c. -58
d. 508
3. Bilangan terbesar dari bilangan -7, 1, -9, -12, -6 yaitu ....
a. -12
b. -9
c. 1
d. -6
4. Enam satuan dari sebelah kiri titik 0 yaitu ....
a. 6
b. 5
c. -6
d. -7
5. Perhatikan gambar berikut!
Bilangan yang benar untuk mengisi a, b, dan c yaitu ....
a. -1, 0, 1
b. -1, 1, 2
c. -2, -1, 1
d. -2, -1, 0
6. Bilangan lingkaran yang terletak di antara -1 dan 1 adalah.
a. 2
b. 0
c. 1
d. -2
7. Perhatikan gambar berikut ini !
Kalimat penjumlahan dari garis bilangan di atas yaitu ....
a. 7 + (-2) = -2
b. 2 + 5 = 7
c. 7 + 9 = -2
d. (-2) + 9 = 7
8. Hasil dari -18 + 30 yaitu ....
a. -12
b. 12
c. 15
d. 35
9. Hasil dari -48 - 23 yaitu ....
a. -25
b. 25
c. -71
d. 71
10. Hasil dari -56 - (-18) yaitu ....
a. 74
b. -74
c. -38
d. 38
11. 42- (-25) = n. Nilai n yaitu ....
a. -17
b. 17
c. 67
d. -67
12. Hasil dari 65 + (-87) yaitu ....
a. -22
b. 152
c. 22
d. -152
13. Diketahui a = -3 dan b = 1
Nilai 2 x (a + b) yaitu ....
a. 4
b. -8
c. -4
d. 8
14. Enam satuan ke kiri dari titik 3 pada garis bilangan mengatakan angka ....
a. 9
b. 3
c. -3
d. -4
15. Hasil dari 3 x (-38) yaitu ....
a. 114
b. -114
c. 124
d. -124
16. (-10) : 2 + 15 - (-25) = ....
a. 30
b. -15
c. 35
d. -10
17. Hasil operasi hitung 3 x (-12) + (-15) : 3 yaitu ....
a. -41
b. -31
c. 41
d. 31
18. (121 + 23) : 24 – 6 = ....
a. 0
b. 2
d. 8
d. 12
19. Nilai dari 105 x 78 + 3.250 yaitu ....
a. 10.640
b. 11.240
c. 11.440
d. 11.640
20. Hasil dari 6 x (575 + 425) : 12 yaitu ....
a. 300
b. 400
c. 500
d. 600
21. 38 x (14 + 18) = (38 x 14) + (38 x 18)
Sifat pengerjaan hitung yang dipakai yaitu ....
a. komunikatif
b. distributif
c. komutatif
d. asosiatif
22. Nilai untuk n jikalau (8 x 6 ) + (8 x 9) = 8 x n
Nilai yang benar untuk n yaitu ....
a. 15
b. 48
c. 54
d. 72
23. Hasil dari 6 x (745 + 255) : 20 yaitu ....
a. 200
b. 300
c. 400
d. 500
24. 412 x 235 = 235 x 412
Sifat pengerjaan hitung yang dipakai yaitu ....
a. komunikatif
b. distributif
c. komutatif
d. asosiatif
25. 115 – (14 x 3) : 7 = ....
a. 68
b. 92
c. 106
d. 109
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tanggapan yang tepat!
1. Hasil dari 30 + (-5) x (-3) yaitu ............................................................................
2. Hasil dari -54 - (-12) + 18 yaitu ..............................................................................
3. Hasil dari 85 + 40 : 5 x 8 yaitu .................................................................................
4. 35 - 36 + (-12 - 8) = n, nilai n yang sempurna yaitu ..........................................................
5. 63 : (-9) + (-2) x 3 = n, nilai n yang sempurna yaitu ..........................................................
6. Nilai dari (187 + 125) : 26 – 8 = ...................................................................................
7. Hasil dari 135 x 35 – 2.565 yaitu .................................................................................
8. Tiga ratus delapan puluh enam ribu empat ratus tujuh puluh tiga ditulis ....................
9. 68 x (34 + 41) = (34 + 41) x n, n = ................................................................................
10. 620 x 3 – 270 + 3 + 350 = ...........................................................................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang terperinci !
1. Sebuah termometer mengatakan suhu 25°C, sehabis beberapa ketika dicelupkan ke dalam air es, pada termometer terjadi penurunan suhu sebesar 15°C. Berapa suhu yang ditunjukkan termometer tersebut?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
2. Budi mula-mula berada di lantai 8 suatu gedung, lalu ia naik 2 lantai untuk menemui temannya, lalu turun 5 lantai. Berada di lantai berapa Budi sekarang?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
3. Pada suatu permainan, jikalau menang menerima skor 2, kalah menerima skor -1, dan seri menerima nilai 0. Suatu tim telah mengikuti 12 permainan dengan 7 kali menang, 4 kali kalah, dan 1 kali seri. Berapa nilai yang diperoleh tim tersebut?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
4. Bu Hanik mempunyai persediaan 240 buku tulis. la membeli lagi 12 lusin buku tulis. Buku tersebut dibagikan kepada 6 kawasan panti asuhan dengan jumlah yang sama. Berapa banyak buku yang diterima setiap panti asuhan?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
5. Banyak murid kelas VI yaitu 40 siswa. Bapak guru akan membagikan pensil kepada murid-murid tersebut masing-masing 3 batang. Berapa kotak pensil yang harus disediakan jikalau setiap kotak berisi 12 batang pensil?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩
Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
2. c. -58
3. c. 1
4. c. -6
5. c. -2, -1, 1
6. b. 0
7. c. 7 + (-9) = -2
8. b. 12
9. c. -71
10. c. -38
11. c. 67
12. a. -22
13. c. -4
14. c. -3
15. b. -114
16. c. 35
17. a. -41
18. a. 0
19. c. 11.440
20. c. 500
21. b. distributif
22. a. 15
23. b. 300
24. c. komutatif
25. d. 109
2. -24
3. 149
4. -21
5. -13
6. 4
7. 2.160
8. 386.473
9. 68
10. 1.943
2. lantai 5
3. 10
4. 64 buku
5. 10 kotak pensil
NB :
Sekedar info, tahun pemikiran 2018/2019 sama ibarat tahun-tahun sebelumnya. USBN masih memakai KTSP dengan mengujikan 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, IPA, Matematika. "Jika ada informasi terbaru berkaitan dengan USBN, segera aku update".
Pengalaman tahun pemikiran 2017/2018 kemarin, sekolah yang sudah memakai K13, mau tidak mau harus kebut berguru selama satu bulan untuk mempelajari KTSP guna persiapan USBN.
Agar tidak terjadi kerancuan, Sekolah Berstandar Internasional (SBI) pun yang biasanya memakai Cambridge International Baccalaureate Program, khusus kelas 6 beralih memakai KTSP.
Dan inilah pola soal Matematika Kelas 6 KTSP ⇩
Soal UTS Matematika Kelas 6 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/ 2019
Ok, silahkan pilih mana yang sesuai dengan yang dipakai di sekolah ya. KTSP apa Kurikulum 2013. Kalau aku disuruh memilih, niscaya aku lebih menentukan soal Matematika KTSP alasannya soal-soalnya lebih sulit. Tapi justru alasannya lebih sulit inilah yang akan menciptakan kita semakin maju. CMIIW
Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kurikulum 2013
I. Berilah tanda silang (x) pada aksara a, b, c atau d di depan tanggapan yang paling benar !1. Lambang bilangan -27 dibaca ....
a. dua tujuh
b. nyata dua puluh tujuh
c. negatif dua tujuh
d. negatif dua puluh tujuh
2. Lambang bilangan lingkaran negatif lima puluh delapan yaitu ....
a. +58
b. 58
c. -58
d. 508
3. Bilangan terbesar dari bilangan -7, 1, -9, -12, -6 yaitu ....
a. -12
b. -9
c. 1
d. -6
4. Enam satuan dari sebelah kiri titik 0 yaitu ....
a. 6
b. 5
c. -6
d. -7
5. Perhatikan gambar berikut!
Bilangan yang benar untuk mengisi a, b, dan c yaitu ....
a. -1, 0, 1
b. -1, 1, 2
c. -2, -1, 1
d. -2, -1, 0
6. Bilangan lingkaran yang terletak di antara -1 dan 1 adalah.
a. 2
b. 0
c. 1
d. -2
7. Perhatikan gambar berikut ini !
Kalimat penjumlahan dari garis bilangan di atas yaitu ....
a. 7 + (-2) = -2
b. 2 + 5 = 7
c. 7 + 9 = -2
d. (-2) + 9 = 7
8. Hasil dari -18 + 30 yaitu ....
a. -12
b. 12
c. 15
d. 35
9. Hasil dari -48 - 23 yaitu ....
a. -25
b. 25
c. -71
d. 71
10. Hasil dari -56 - (-18) yaitu ....
a. 74
b. -74
c. -38
d. 38
11. 42- (-25) = n. Nilai n yaitu ....
a. -17
b. 17
c. 67
d. -67
12. Hasil dari 65 + (-87) yaitu ....
a. -22
b. 152
c. 22
d. -152
13. Diketahui a = -3 dan b = 1
Nilai 2 x (a + b) yaitu ....
a. 4
b. -8
c. -4
d. 8
14. Enam satuan ke kiri dari titik 3 pada garis bilangan mengatakan angka ....
a. 9
b. 3
c. -3
d. -4
15. Hasil dari 3 x (-38) yaitu ....
a. 114
b. -114
c. 124
d. -124
16. (-10) : 2 + 15 - (-25) = ....
a. 30
b. -15
c. 35
d. -10
17. Hasil operasi hitung 3 x (-12) + (-15) : 3 yaitu ....
a. -41
b. -31
c. 41
d. 31
18. (121 + 23) : 24 – 6 = ....
a. 0
b. 2
d. 8
d. 12
19. Nilai dari 105 x 78 + 3.250 yaitu ....
a. 10.640
b. 11.240
c. 11.440
d. 11.640
20. Hasil dari 6 x (575 + 425) : 12 yaitu ....
a. 300
b. 400
c. 500
d. 600
21. 38 x (14 + 18) = (38 x 14) + (38 x 18)
Sifat pengerjaan hitung yang dipakai yaitu ....
a. komunikatif
b. distributif
c. komutatif
d. asosiatif
22. Nilai untuk n jikalau (8 x 6 ) + (8 x 9) = 8 x n
Nilai yang benar untuk n yaitu ....
a. 15
b. 48
c. 54
d. 72
23. Hasil dari 6 x (745 + 255) : 20 yaitu ....
a. 200
b. 300
c. 400
d. 500
24. 412 x 235 = 235 x 412
Sifat pengerjaan hitung yang dipakai yaitu ....
a. komunikatif
b. distributif
c. komutatif
d. asosiatif
25. 115 – (14 x 3) : 7 = ....
a. 68
b. 92
c. 106
d. 109
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tanggapan yang tepat!
1. Hasil dari 30 + (-5) x (-3) yaitu ............................................................................
2. Hasil dari -54 - (-12) + 18 yaitu ..............................................................................
3. Hasil dari 85 + 40 : 5 x 8 yaitu .................................................................................
4. 35 - 36 + (-12 - 8) = n, nilai n yang sempurna yaitu ..........................................................
5. 63 : (-9) + (-2) x 3 = n, nilai n yang sempurna yaitu ..........................................................
6. Nilai dari (187 + 125) : 26 – 8 = ...................................................................................
7. Hasil dari 135 x 35 – 2.565 yaitu .................................................................................
8. Tiga ratus delapan puluh enam ribu empat ratus tujuh puluh tiga ditulis ....................
9. 68 x (34 + 41) = (34 + 41) x n, n = ................................................................................
10. 620 x 3 – 270 + 3 + 350 = ...........................................................................................
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang terperinci !
1. Sebuah termometer mengatakan suhu 25°C, sehabis beberapa ketika dicelupkan ke dalam air es, pada termometer terjadi penurunan suhu sebesar 15°C. Berapa suhu yang ditunjukkan termometer tersebut?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
2. Budi mula-mula berada di lantai 8 suatu gedung, lalu ia naik 2 lantai untuk menemui temannya, lalu turun 5 lantai. Berada di lantai berapa Budi sekarang?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
3. Pada suatu permainan, jikalau menang menerima skor 2, kalah menerima skor -1, dan seri menerima nilai 0. Suatu tim telah mengikuti 12 permainan dengan 7 kali menang, 4 kali kalah, dan 1 kali seri. Berapa nilai yang diperoleh tim tersebut?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
4. Bu Hanik mempunyai persediaan 240 buku tulis. la membeli lagi 12 lusin buku tulis. Buku tersebut dibagikan kepada 6 kawasan panti asuhan dengan jumlah yang sama. Berapa banyak buku yang diterima setiap panti asuhan?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
5. Banyak murid kelas VI yaitu 40 siswa. Bapak guru akan membagikan pensil kepada murid-murid tersebut masing-masing 3 batang. Berapa kotak pensil yang harus disediakan jikalau setiap kotak berisi 12 batang pensil?
Jawab: .....................................................................................................................................................................................................
Jika ingin mendownload soal, berikut ini linknya ⇩
Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Kunci Jawaban Room I
1. d. negatif dua puluh tujuh2. c. -58
3. c. 1
4. c. -6
5. c. -2, -1, 1
6. b. 0
7. c. 7 + (-9) = -2
8. b. 12
9. c. -71
10. c. -38
11. c. 67
12. a. -22
13. c. -4
14. c. -3
15. b. -114
16. c. 35
17. a. -41
18. a. 0
19. c. 11.440
20. c. 500
21. b. distributif
22. a. 15
23. b. 300
24. c. komutatif
25. d. 109
Kunci Jawaban Room II
1. 452. -24
3. 149
4. -21
5. -13
6. 4
7. 2.160
8. 386.473
9. 68
10. 1.943
Kunci Jawaban Room III
1. 10°C2. lantai 5
3. 10
4. 64 buku
5. 10 kotak pensil
Note : Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yaitu konten yang disusun oleh dan dilindungi undang-undang hak cipta. Dilarang mengcopy paste dan mempublish ulang konten dalam bentuk apapun ! Terima kasihItulah Soal UTS/ Perguruan Tinggi Swasta Matematika Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang sanggup aku bagikan. Semoga bermanfaat.
NB :
Sekedar info, tahun pemikiran 2018/2019 sama ibarat tahun-tahun sebelumnya. USBN masih memakai KTSP dengan mengujikan 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, IPA, Matematika. "Jika ada informasi terbaru berkaitan dengan USBN, segera aku update".
Pengalaman tahun pemikiran 2017/2018 kemarin, sekolah yang sudah memakai K13, mau tidak mau harus kebut berguru selama satu bulan untuk mempelajari KTSP guna persiapan USBN.
Agar tidak terjadi kerancuan, Sekolah Berstandar Internasional (SBI) pun yang biasanya memakai Cambridge International Baccalaureate Program, khusus kelas 6 beralih memakai KTSP.
Soal UTS Matematika Kelas 6 Semester 1 Terbaru Tahun Ajaran 2018/ 2019
Ok, silahkan pilih mana yang sesuai dengan yang dipakai di sekolah ya. KTSP apa Kurikulum 2013. Kalau aku disuruh memilih, niscaya aku lebih menentukan soal Matematika KTSP alasannya soal-soalnya lebih sulit. Tapi justru alasannya lebih sulit inilah yang akan menciptakan kita semakin maju. CMIIW